happy reading, :))

Minggu, 19 September 2010

About Journey to Gede Mountain

date: 16-18 Sept'10
place: Gn. Gede Pangrango, taman nasional.
members: 14org ( aku, sovi, shabrina, ilman, ka adam, ka julham, ka giri, akbar, rehan, david, kiki, agnes, niken, dara)
rute(jalur): putri-cibodas

*dibalik layar*
banyaak skali persiapan yang harus kami lakukan sebelum pelaksanaan acara, tentunya. mulai dari persiapan peralatan (minjem2 ke alumni, bahkan musti jemput alat ke manggarai segala! dansebagainya..), latihan fisik (Akbar sm widya doang yg dtg wkt itu. haha), pengarahan peserta, bikin timeline, survey2... ah, banyak lah. dan.. malangnya aku yang mengorbankan diri untk jadi seksi sibuknya. hha
(loyalitas buat talam, apa sih yg nggak...)

Part I  kamis, 16 sept'10.
06.00 kumpul di sekolah. waktu aku sampai, yang udah dateng duluan sedang dibantu mempacking ulang bawaan oleh senior2nya. pemanasan dan berfoto sebelum berangkat seperti biasanya merupakan ritual 'wajib'. dua-stgh jam kemudian kami ber14 pun beranjak menuju st.UP.
10.15 kereta pun tiba (akhirnyaa..) dg berbekal tiket 2000rupiah, kami melaju menuju st.bogor. rombongan dipisah ke dalam dua gerbong.
11.30 sampai di bogor.. perjalanan dilanjutkan dg angkot menuju pos gunung putri. kejadian tahun lalu ternyata berulang. (lagi2,) sang angkot tak kuasa menghadapi jalanan terjal menanjak hingga kami harus berbesar hati turun dan berjalan sedikit. (beruntung aku yg hendak keluar terakhir dihentikan ka giri. katanya, aku jagain angkotnya aja :D)
14.30 pos gunung putri di depan mata. (tp trnyt dipindah..) acara dilanjutkan dg istirahat makan siang dan shalat. berhubung gabawa mukena, tmen2 pada sholat memakai ponco.. haha. tak absen hujan rintik menemani kami semenjak diperjalanan tadi.
17.00 perjalanan yang sesungguhnya baru dimulai. setelah mendapatkan izin pendakian yg dg 'susah payah meminta dan memohon' , kami mulai berjalan melalui kebun2 penduduk. hari sudah mulai gelap seiring terbenamnya matahari waktu kami mulai memasuki hutan. kami terus dan terus berjalan melalui jalur mendaki yang yah.. cukup berat jg untuk pemula. ditambah hujan yg lebat sedikit banyak menghambat ruang gerak dan perjalanan kami.
22.00 ditengah perjalanan, kesunyian hutan tiba2 terpecahkan oleh teriakan SOS*. rupanya ada pendaki lain yg membutuhkan pertolongan. berbegas kami menuju sumber suara. disana, terlihat 4-5org sedang mencoba untuk survive. mereka tampak sgt kedinginan dan basah oleh hujan. logistik mereka habis. waktu yg terlalu larut serta sikon mereka tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan hingga ke pos bawah. setelah bercakap-cakap dan membantu sebisanya, perjalanan pun dilanjutkan kembali.
22.30 tak jauh, kami menemukan tempat tempat yang cukup lapang untuk mendirikan tenda. dg melihat kemampuan kelompok, keputusanpun dibuat. camp akan didirikan disini, mundur sedikit dari tempat yg direncanakan, surken. usai makan dan berganti pakaian kering, kamipun jatuh tertidur..

Part II  jum'at, 17 Sept'10
06.00 sinar mentari sudah menerobos masuk dalam tenda, membangunkan kami yg pegal namun merasa jauh lebih hangat karena tidur ala sarden. kegiatanpun dimulai kembali. masak, makan, packing, dan perjalanan pun dilanjutkan.
11.00 tiba akhirnya kami di alun-alun surya kencana.disini terdapat padang edelweiss yang luaaass.. bgt. tak lupa kami menyempatkan diri berfoto ria. perjalanan dilanjutkan dengan melintasi padang ini. oiya, kami sempat bertemu lagi dengan penjual nasi uduk.. beberapa dari kami membeli untuk cemilan.

12.30 PUNCAK! akhirnya.. segala lelah terbayar sudah. pemandangan yg mengesankan terpampang di hadapan kami. indah. sayang kabut yg turun menutupi kawah. meskipun demikian, mengabadikannya adalah sbuah 'kewajiban'. mata kamera pun segera beraksi mengabadikan moment yg (mungkin) langka ini. puas berfoto dan makan coklat yang dikasih david, tiba waktunya kami untuk turun.
13.30 istirahat makan siang. lauk makan saat itu nasi+sarden+kornet+teh. ditengah acara makan tsb, kami bertemu dg bang yolly yg sdg dalam perjalanan ke puncak.
20.00 tiba di pos kandang batu. makan malam sekaligus brifing persiapan melewati air panas yang tingginya 2.5m dan aliran airnya membentuk sungai di jalur sepanjang 10m. akbar, rehan, ka giri dan ka julham pergi lebih dulu ke pos pemandangan untuk mendirikan camp.

Part III  sabtu, 18 Sept'10
06.00 matahari bersinar cerah pagi itu. kami menjemur pakaian basah kami sebisanya. ini hari terakhir kami. semua terlihat bersemangat. oiya, sarapan kali ini menunya sphagetti bolognaise+bakso. yummy abis :))
08.30 usai beres2, kami segera bersiap untuk turun. banyak pendaki yg berpapasan dengan kami. tidak terkecuali para bule, akhwat dan pribumi. ditengah perjalanan, kami bertemu anggota talam38 yg menyusul dari cibodas. ada uki, dony, ka maman, ka hanum, ka ragil dan ka iqbal.
09.00 ditengah perjalanan, kaki niken keseleo dan memar. beruntung kami ditolong oleh salah satu guide yg memandu bule. kaki niken dipijat dan diberi band-aid.
11.30 tiba di pos pangancangan. pertigaan antara pos akhir cibodas, air terjun cibereum dan kandang badak. kami rest sejenak. sabagian dari kami lalu pergi ke air tejun untuk bermain air dan berfoto-foto. terpaan angin dingin dan air yg kencang menggigit tulang. puas, kami segera berganti pakaian dan makaan. hari sudah semakin siang.
15.00 kami sudah dalam perjalanan menuju bogor. kemacetan panjang menanti kami. untunglah para polisi berbaik hati menerapkan oneway. tiba di bogor, kami bergegas naik kereta ekonomi ac terakhir yg akan segera berangkat, dan pulang ke rumah masing-masing.. membawa peluh, dan kesan pesan pengalaman baru yg amat menarik untuk dibagikan kepada kalian semua... =]

*epilog*
aku dijemput abi di st.pondok cina. tiba dihadapan, aku langsung diinterogasi mengenai perjalanan tadi. rupanya, beliau dapat kabar mengenai hilangnya 2org anak mapala di gunung gede. mereka hilang selama 2hari dan baru ditemukan sore tadi. selidik punya selidik, mereka lewat jalur ilegal.. ckckck.