happy reading, :))


Sabtu, 25 September 2010

Kejuaraan Atletik 2010

A-t-l-e-t-i-k?
gue ikut lomba atletik?
demi apa??
haha. gue sendiri juga gga nyangka abis bakal kepilih disuruh ikut lomba olahraga macam atletik gini.
yah, lebay deh mungkin. siapapun, kayaknya sebuah hal biasa buat bisa ikutan. tapi, yaampun,, ini tuh LARI.
*buat lo yg belom kenal gue secara dekat untuk tau, ya gue kasih tau aja nih ya, gue tuh dulu paling gabisa banget sama jenis olahraga yg satu ini (apalagi olahraga laen, haha). emang keturunan juga dari kedua ortu gue begitu sih. kondisi jantung kami ga di-desain untuk ini, maybe (lho?)

balik lagi.
jadi, waktu itu hari rabu.. lupa sih tepatnya jam berapa, yg jelas tiba2 pak umar manggil gue. beliau minta gue buat ikutan lomba ini besok. katanya siap2 aja, bsk bawa baju olahraga yg comfort, dll. terus gue disuruh nemuin pak (lupa nama, wakasek kesiswaan yg jelas). gitu. oia, tau gak jawaban pak umar waktu gue nanya alesan kenapa kok gue bisa terpilih buat ikutan ? beliau berkata, :
"kamu kan anak talam, bapak percaya kamu bisa kok pasti.. " 
innalilahi .. --
sakit perut gue langsung. lemes da beneran, hha. tapi yah, untuk sebuah kepercayaan dan pengharapan yang udah dikasih.. i'll do the best dah. seenggaknya mencoba dulu lah. lagian pengalaman baru, gada ruginya, kenapa harus ditolak coba? :))

singkat cerita...
akhirnya kamis pagi itu kami berangkat ke gor sumantri di daerah (apalah itu, gue gatau daerah apalagi jalan hha --). waktu itu sekolah (baca: 38) diwakilkan sama kami berempat. gue sama kone, dan laily sama wijay. masing-masing untuk kategori lomba lari 800 dan 100m. dianter pake mobilnya pak kepsek (makasih byk bgt deh buat pak rachmat), kami sampe di lokasi sekitar jam 8.30-an., setelah melalui perjalanan panjang yang (sumpah) membosankan abiss -- . pegel, ngantuk, bosen, laper. haha . *opening yg buruk..
usai daftar ulang dan dikasih buku panduan serta nomer dada, kami ber-4 pluss pak umar menuju hall untuk melihat upacara pembukaannya. bagian ini seru juga. banyak tokoh masyarakat ato orang-orang famous yg hadir di pembukaan ini. walaupun kakyaknya ga ada yg gue kenal juga sih.. ahaha :p
baru tau juga acara ini tuh ternyata digelar untuk memperingati hari olahraga nasional yang jatuh entah tanggal berapa..

 buku acara lomba : jadwal urutan, lawan dan pembagian seri ada disini.

ini nomer peserta gue, 105. total pesertanya hampir 500 orang...

okeh. acara pertama dibuka sama pemecahan rekor MURI. master pecatur muda indonesia (juara asean kalo ga salah. gatau nama, ga sempet kenalan sih haha) bikin rekor baru, 1 lawan 200 peserta. jadi, anak2 seumuran SD gitu berbaris 2 shaf membentuk leter U besaar, nah terus si master tadi tinggal jalan deh muterin mereka sambil main, ngelawan mereka. salut abis.. gimana mikirnya coba? haha.
udahan, kita segera cabut ke arena. ga mungkin juga kan nungguin si master selesai? bakal lama banget..

lagi-lagi, nunggu lagi. ugh.. boring time abis lah pokoknya disitu. mana sang surya sudah mulai menjalankan tugasnya., hari udah makin siang.. akhirnya, gue menyibukkan diri aja ber-sms ria. sama didi, (tp ga dibales2..), sarah en potters. lumayan lah. akhirnya, sekitar jam setengah 10-an kurang lomba 100m putri dimulai.. laily masuk lapangan. hmmm, syg dia ada diurutan rada belakang di serinya. bukan karna tok kemampuan, tp selidik punya selidik ternyata sebagian dari lawan itu ya emang ahlinya. atlet lompat tinggi lah, dll.. sepatu mereka pun khusus. gue sendiri juga liat aksinya, cara dan gaya larinya beda abis. *haha mereka tuh serasa ga napak gt tau..
abis 100m putri, skrg putranya. wijay pun berlaga... sayang gue ngga liat, uda dipanggil duluan sama panitia buat 'absen' persiapan masuk selanjutnya. disitu nunggu lagi.. sumpah gue bersabar abis seharian itu. dengan segala penantian dan cuaca panas yg bikin gerah bin esmosi.. --
setengah sebelas lewat . gue (akhirnya) masuk lapangan juga. lomba pun dimulai. yah, mungkin emosi udah main duluan, hingga akal sehatku ga normal bekerja. segala mentalitas dan strategiku tak nampak, menguap entah dimana. awal, emosi tersulut liat si atlet tadi lari duluan. ngejarlah udah gue make tenaga. bertahan cuma setengah puteran nyaingin dia. haha.
terus complication pertama muncul, deja vu. nafas gue sesek.. pandangan mulai ngabur. pening.. sangat. mentari terlalu terik.. gue terpaksa berhenti total. untunglah hal itu ngga bertahan lama, kecuali sesaknya. ah, rasanya.., ingin kusudahi aja 'perjuangan' itu. diriku tak sanggup... (setidaknya tidak di tengah siang terik seperti ini!). perang batin pun terjadi.. antara keinginan untuk berhenti dan ke-pesimisan gue mencapai garis akhir (lho?). tapi beneraan, pgn bgt berhenti gue~ hiks. gue udah memaki-maki sendiri dalam hati sedari tadi. haha. namun mentalitas talam sedikit banyak mempengaruhi disini. dan yah, pada akhirnya gue mencoba melangkah lagi.
lagi-lagi. di 4/6 putaran pertama, complication kedua udah menampakkan dirinya. kaki kanan gue tiba-tiba menolak diajak berlari. sakit terasa, pegal usai hiking ke Gede kemaren belum sembuh total rupanya. selintas, semua seolah mengilhamiku untuk berhenti. dasar syaitanirojim! ah, Allahumafaksa deh .

oh, finally.... garis akhir itu.. ada di depan mata ! bahagia bgt rasanya. segera kujatuhkan diri ke area rumput tengah lapangan. duduk berselonjor. pusing itu makin menjadi. dua org peserta lain yg melihat ulahku spontan berkomentar, intinya ngeri liat gue langsung jatuh duduk begitu. whatever deh.. gue malah membaringkan tubuh, tiduran. bener-bener serasa mau mati... haha. entah gimana tp rada kecewa juga ada di posisi 4.
merasa ga da pengaruh, gue duduk lagi. tiba-tiba aja ada bapak panitia yg minta gue berdiri. katanya ga boleh langsung duduk.. gue malah disuruh jalan-jalan sebentar sampe nafas teratur baru diizinin duduk. SArapp! *gue memaki beneran dalam hati. God.. gue ga kuat.. beneran deh! sampe dibantu bangun dan dituntun segala. ckckck....
setelah beberapa saat yg seabad, gue minta izin buat balik ke tribun, ke tempat temen2 dan pak umar berada. gue melintasi lapangan sambil menunduk. panas. tiba2 seorang bapak panitia menghampiri.
"kamu gapapa? pusing ya? sini-sini duduk dulu.. jangan langsung ke atas." bapak itu berkata ramah (?). gue cuma ngangguk. bahkan untuk bicara pun rasanya butuh energi besar. engan bin susah. lagi, aku dituntun menuju tempat duduk di pinggir lapangan. *berasa lemah banget.. tp yah, mau gmn lagi emang gue ga kuat saat itu.
"duduk yang rileks.. atur nafasnya. tarik yg panjang, buangnya lewat mulut.." komandonya padaku. lagi, gue cuma menurut. abis beberapa sesi 'yoga' tadi gue lalu dikasih minum..
"ah, keringetnya keluar juga..." bapak yg lain lagi tiba2 ikut merubung, berkomentar.  
hah? aku tak mengerti maksud perkataannya sampai kusadari bertetes air mengalir dari pelipis, leher dan punggungku. rasanya emang lebih baik...
gue juga baru sadar, jadi selama dan setelah lari 800m td gue sama sekali ga keringetan ya. suatu hal yg ga biasa ,kan? haha. gue cuma ngerasa panas dan pusing bin capek. just it.

usai berterimakasih ala kadarnya, gue pamit naik ke tribun. ternyata, menaiki berundak tangga aja udah cukup untuk membuat pening itu kembali. dan makin sesek lagi. ckck. lagi, kali ini butuh waktu cukup lama untuk benar-benar mem-fix kan kondisi ku. sementara gue istirahat, kone masuk lapangan. dia berlari dan berlari.. *haha. berjuang, sementara kami disini hanya duduk diam menonton. ah, harusnya bawa supporter yg banyak.. sedikit nggak, itu kan ngaruh juga ke semangat..
nasip kone sama dg gue, posisi ke 4. persaingan diantara anak cowo emg lebih berat sepertinya. tak lama, dia udah bergabung denganku, istirahat. kulempar padanya sebotol pocari sweet dingin. gue juga udah dikasih tadi. lelah jelas tergambar dari raut dan nafasnya yang terengah. sungguh memang ini perjuangan. haha.
hopeless, kami pun balik tanpa merasa perlu melihat pengumuman yg memang untuk seri 800m belum ada. yg liat hasil cuma laily, lupa juga gue dia dpt berapa detik untuk sprint 100m nya. yg jelas, skrg pulaang.. ke sklh -- . di tengah jalan tiba2 ujan deres. ckck... x-tremnya cuaca jakarta-ku kini.. :'(

sampe sekolah, pass bgt bel istirahat kedua abis. gue langsung menuju mushola buat sholat dzuhur. setelahnya, berbekal uang makan siang dari bpk kepsek baikhati, gue ke kantin buat isi ulang energi~ truss, pulang deh. dianter laily naik motor :)) jadilah hari itu aku bebas dari semua mata pelajaran. xD

4 komentar:

  1. That's beautiful, but, where do you came from? francisco.fbazan@uva.es

    BalasHapus
  2. hm? are u understand this?
    anyway, thanks.
    im indonesian. nice to meet u :)

    BalasHapus
  3. Really good, ngakak ada wijay juga..

    BalasHapus
  4. haha. makasih..
    *walopun sejujurnya bingung apanya yg lucu :P

    BalasHapus